Cara Mudah Hindari Penyakit Jantung

Sabtu, 15 Februari 2014

Ingin tetap memiliki jantung yang sehat? Cara ini direkomendasikan oleh 5 Dokter Ahli Jantung yang mudah kita ikuti supaya tidak terkena sakit jantung.

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Jantung manusia memerlukan perhatian ekstra karena organ tersebut bisa diibaratkan sebagai pusat kehidupan kita. Dengan memiliki gaya hidup yang sehat dalam keseharian, diharapkan penyakit jantung juga akan enggan menghampiri kita.

1. Tidur Yang Cukup
Madalina Petrescu, MD, ahli Jantung di Swedish Medical Center, Seattle, menjelaskan "Aku tahu kadang kerja lembur jadi kebanggaan. Tapi, dengan kesibukanku di kantor dan mengurus anak, sulit bagiku untuk bisa tidur selama tujuh jam sehari. Oleh karena itu, di hari kerja aku jarang menonton tv atau browsing saat di rumah. Aku akan melakukan hal itu di akhir pekan."

Gambar Penyakit Jantung
Photo Credit: www.ncschoolhealthconnection.org

2. Rileks
Maja Zaric, MD, ahli jantung di Lenox Hill Hospital, New York City, mengungkapkan ""Dalam menangani stres, laki-laki dan perempuan memang punya cara berbeda. Untuk perempuan, sebaiknya kita lebih banyak rileks. Ketika punya waktu sendiri atau bersama keluarga dan orang lain, saya mematikan ponsel sehingga saya bisa masuk ke zona nyaman dan benar-benar bersantai tanpa ada gangguan serta menemukan arti perdamaian yang sebenarnya."

3. Olahraga
"Jika tidak suka berjalan, Anda bisa berenang atau bersepeda. Olahraga adalah obat harian yang sangat diperlukan untuk memperkuat jantung Anda," jelas Ahli jantung di The Ohio State University Wexner Medical Center, Columbus, Martha Gulati, MD. Gulati rutin melatih anjing dan mengajaknya jalan-jalan sebagai cara agar tubuhnya bergerak. Kebiasaan ini ia lakukan di hari kerja saja.

4. Diet
"Saya mencoba untuk makan salad hampir setiap hari yang terdiri dari alpukat, ayam tanpa lemak, tomat, minyak zaitun, dan cuka. Setiap makan saya juga sediakan buah dan sebagai cemilan saya memilih cokelat hitam," ungkap Patricia Vasallo, MD, seorang Ahli jantung di Northwestern Memorial Hospital, Chicago. Dia mengatakan bahwa memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung. Maka, ia yakin bahwa makan adalah kunci mencegah dirinya juga terkena penyakit jantung.

5. Tertawa
Jennifer H Mieres, MD, ahli jantung di North Shore-LIJ Health System, Great Neck, New York, mengatakan "Saya memastikan untuk tertawa setiap hari guna mengurangi tekanan darah. Komedi situasi adalah acara tv favorit saya. Selain itu, musik juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan hormon kortisol."

Mengenai ciri-ciri penyakit jantung pada wanita yang sering ditanyakan, biasanya timbul nyeri pada bagian dada yang menusuk hingga bahu atau menjalar hingga ke leher. Jika terjadi demikian segera konsultasikan ke Dokter Ahli Jantung di Rumah Sakit dan jangan ditunda-tunda.

Nah, cukup mudah bukan untuk menghindari penyakit jantung? Jalankan kebiasaan para dokter jantung di atas supaya jantung kamu tetap sehat dan kuat.

Sumber: Woman's Health, Detik

0 comments:

Posting Komentar